Sesi FOMBEX Talks Parenting Series 2024 ditutup dengan topik yang sangat menarik dan menyentuh hati lho, moms! Diadakan pada tanggal 1 Febuari 2024, dengan judul “Cara Mengelola Inner Child Dalam Mengasuh Anak” di bawakan oleh Ibu Rika Ermasari, S.Psi.Psi.CH.CHT.ACC, Professional Psikolog dari Brawijaya Clinic Kemang. 

Topik ini membahas tentang pentingnya mengelola inner child saat mengasuh anak, sebagaimana dijelaskan dalam presentasi berjudul “Cara Mengelola Inner Child Dalam Mengasuh Anak” yang ditulis oleh Ibu Rika Ermasari, S.Psi.Psi.CH.CHT.ACC. Inner child di sini mengacu pada sifat anak-anak yang masih ada dalam diri seseorang, yang kerap kali terbentuk akibat luka emosional yang dialami pada masa kecil.

Paparan tersebut menelusuri hubungan antara luka inner child dengan gaya pengasuhan, menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara aspek fisik, mental, dan spiritual. Sebagai lulusan psikologi dari Universitas Indonesia dan seorang terapis hipnoterapi bersertifikat, Ibu Rika Ermasari S.Psi.Psi.CH.CHT.ACC memberikan wawasan tentang cara mengatasi luka-luka inner child seperti luka kepercayaan, pengabaian, dan rasa bersalah, serta dampaknya pada interaksi orangtua dan anak. Beliau juga menyoroti pentingnya refleksi diri dan menawarkan teknik untuk mengelola luka-luka tersebut, termasuk manajemen kemarahan melalui latihan pernapasan dan terapi kesadaran diri untuk melepaskan trauma dan luka emosional.

Lebih lanjut, Ibu Rika Ermasari S.Psi.Psi.CH.CHT.ACC membahas teori pikiran dan relevansinya dalam konteks pengasuhan, menyoroti interaksi antara luka inner child, interaksi orangtua, dan tahapan perkembangan anak. Paparan tersebut juga menguraikan pendekatan terapeutik seperti terapi penerimaan dan terapi kesadaran diri, yang menggunakan teknik pernapasan dan meditasi untuk membantu individu melepaskan luka inner child dan memperbaiki diri.

Secara keseluruhan, topik kali ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep inner child dan dampaknya pada tugas mengasuh anak. Dalam sesi pemaparan kali ini,   Ibu Rika Ermasari S.Psi.Psi.CH.CHT.ACC mengajak pada moms untuk bersama-sama merefleksi diri dan intervensi terapeutik seperti terapi kesadaran diri dan penerimaan.

Pastinya, tidak lupa, setelah pemaparan kita mengadakan sesi tanya jawab, dan sesi kuis di penghujung acara FOMBEX Talks terakhir ini. FOMBEX Talks kali ini ditutup dengan harapan bahwa pengetahuan dan wawasan yang telah dibagikan dapat menjadi pijakan bagi para parents untuk mengembangkan diri dan menerapkan praktik-praktik positif dalam pengasuhan anak. Kami tidak sabar untuk menghadirkan tpik-topik menarik lainnya untuk moms dan dads. Akhir kata, terima kasih banyak moms dan dads atas partisipasi dan antusiasme nya!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar pameran ibu dan anak, Forever Mom & Baby Expo (FOMBEX), ikuti Instagram @forevermomexpo atau ikuti Facebook Forever Mom & Baby Expo.